Fakultas | EKONOMI |
jurusan | Akuntansi D3 |
Kode Matakuliah | A30AK21 |
Nama Matakuliah | BANK ACCOUNTING PRACTICE |
SEMESTER | 5 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | SOLIHIN SIDIK, SE.,MM |
Peserta Perkuliahan | 1810630110021 - NUR MUHAMMAD, 1910630110002 - ALFIN DAFFA, 1910630110006 - AQIL MUFIDH RINALDI, 1910630110007 - ASTRI DWI FITRIA, 1910630110008 - BILLY BILHAQI PUTRA SANDIKA, 1910630110012 - DANIYAH RISKA AMALIA TURSADI, 1910630110017 - ERNAWATI, 1910630110032 - KURNIAWANSAH, 1910630110041 - MUHAMMAD FADZRI NOOR, 1910630110042 - MULKAN NAWAFI, 1910630110049 - NURRACHMAN FADHIL, 1910630110058 - SANDRA WIDIA HASTUTI, 1910630110060 - SEHUDIN, 1910630110067 - SISKA NUR OKTAVIANI, 1910630110069 - TIARA KUNTUM AMELIA, 1910630110071 - UJANG SUKARNA |
1. Ceramah dan tanya jawab
2. Self Directed Learning
Setelah mengikuti perkuliahan ini, diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan dan memperdalam Akuntansi Bank yang sesuai dengan Pedoman Akuntansi Perbankan Indonesia Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan. Pembahasan dilakukan secara sistematis untuk membantu pemahaman mahasiswa agar memiliki kemampuan dalam mengaplikasikan Rupiah di Lembaga Keuangan Bank.
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Setelah mengikuti tatap muka pertama, mahasiswa diharapkan mengetahui dan menyepakati kontrak pembelajaran 2. Dalam perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memahami Konsep AB pada umumnya, Prinsip dasar AB dan Pengaturannya |
• Kontrak Perkuliahan AB Pada Umumnya • Memahami AB dan pengaturannya. |
Ceramah Presentasi |
• Mahasiswa mampu menulis dan mempelajari isi kontrak perkuliahan • Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyimpulkan tentang pengertian AB pada umumnya, dan Pengaturannya |
3 x 50 menit | 1. Interaksi akrab dosen dg mhs, antar mhs 2. Motivasi mahasiswa untuk belajar mandiri. 3. Mahasiswa dapat mengikuti perkuliahan sesuai skedul perkuliahan |
|
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
2 | Setelah mengikuti perkuliahan ini, diharapkan mahasiswa memiliki pemahaman tentang AB yang meliputi : - Simpanan Giro - Akuntansi Giro - Pembukaan rekening Giro - Setoran Giro - Penarikan Giro - Perhitungan Jasa Giro |
- Simpanan Giro - Akuntansi Giro - Pembukaan rekening Giro - Setoran Giro - Penarikan Giro - Perhitungan Jasa Giro |
Problem Based Learning/ Inquiry |
Mahasiswa dapat menggambarkan - Simpanan Giro - Akuntansi Giro - Pembukaan rekening Giro - Setoran Giro - Penarikan Giro - Perhitungan Jasa Giro |
3 x 50 menit | Penilaian dalam pembelajaran PBL dilakukan dengan cara evaluasi diri (self-assessment) dan peer-assessment. | |
Catatan Ujian Diskusi :2 Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
3 | Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami tentang - Tabungan - Sarana penarikan Tabungan - Akuntansi Tabungan - Pembukaan Tabungan - Setoran, penarikan dan perhitungan tabungan - Deposito - Jenis Deposito - Deposito Berjangka dan sertifikat Deposito - Defosit On Call |
- Tabungan - Sarana penarikan Tabungan - Akuntansi Tabungan - Pembukaan Tabungan - Setoran, penarikan dan perhitungan tabungan - Deposito - Jenis Deposito - Deposito Berjangka dan sertifikat Deposito - Defosit On Call |
presentasi kelompok 1 | Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami tentang - Tabungan - Sarana penarikan Tabungan - Akuntansi Tabungan - Pembukaan Tabungan - Setoran, penarikan dan perhitungan tabungan - Deposito - Jenis Deposito - Deposito Berjangka dan sertifikat Deposito - Defosit On Call |
3 x 50 menit | Penilaian dalam pembelajaran PBL dilakukan dengan cara evaluasi diri (self-assessment) dan peer-assessment. 1. Penilaian kinerja 2. Penilaian portofolio 3. Penilaian potensi belajar 4. Penilaian usaha kelompo |
|
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
4 | MSetelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami tentang - Tabungan - Sarana penarikan Tabungan - Akuntansi Tabungan - Pembukaan Tabungan - Setoran, penarikan dan perhitungan tabungan - Deposito - Jenis Deposito - Deposito Berjangka dan sertifikat Deposito - Defosit On Call |
Tabungan - Sarana penarikan Tabungan - Akuntansi Tabungan - Pembukaan Tabungan - Setoran, penarikan dan perhitungan tabungan - Deposito - Jenis Deposito - Deposito Berjangka dan sertifikat Deposito - Defosit On Call |
presentasi kelompok 2 | etelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami tentang - Tabungan - Sarana penarikan Tabungan - Akuntansi Tabungan - Pembukaan Tabungan - Setoran, penarikan dan perhitungan tabungan - Deposito - Jenis Deposito - Deposito Berjangka dan sertifikat Deposito - Defosit On Call |
3 x 50 menit | enilaian dalam pembelajaran PBL dilakukan dengan cara evaluasi diri (self-assessment) dan peer-assessment. 1. Penilaian kinerja 2. Penilaian portofolio 3. Penilaian potensi belajar 4. Penilaian usaha kelompo |
|
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
5 | Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami tentang - Simpanan dari bank lain - Akuntansi simpanan Bank lain - Giro Bank lain - Deposito berjangka bank lain -Defosit on call dan Inter bank call money - Surat berharga yang diterbitkan - Akuntansi Surat Berharga yang diterbitkan. |
Simpanan dari bank lain - Akuntansi simpanan Bank lain - Giro Bank lain - Deposito berjangka bank lain -Defosit on call dan Inter bank call money - Surat berharga yang diterbitkan - Akuntansi Surat Berharga yang diterbitkan |
presentasi kelompok 3 | Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami tentang - Simpanan dari bank lain - Akuntansi simpanan Bank lain - Giro Bank lain - Deposito berjangka bank lain -Defosit on call dan Inter bank call money - Surat berharga yang diterbitkan - Akuntansi Surat Berharga yang diterbitkan. |
3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
6 | Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami tentang - Simpanan dari bank lain - Akuntansi simpanan Bank lain - Giro Bank lain - Deposito berjangka bank lain -Defosit on call dan Inter bank call money - Surat berharga yang diterbitkan - Akuntansi Surat Berharga yang diterbitkan. |
Simpanan dari bank lain - Akuntansi simpanan Bank lain - Giro Bank lain - Deposito berjangka bank lain -Defosit on call dan Inter bank call money - Surat berharga yang diterbitkan - Akuntansi Surat Berharga yang diterbitkan |
Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami tentang - Simpanan dari bank lain - Akuntansi simpanan Bank lain - Giro Bank lain - Deposito berjangka bank lain -Defosit on call dan Inter bank call money - Surat berharga yang diterbitkan - Akuntansi Surat Berharga yang diterbitkan. |
3 x 50 menit | enilaian dalam pembelajaran PBL dilakukan dengan cara evaluasi diri (self-assessment) dan peer-assessment. 1. Penilaian kinerja 2. Penilaian portofolio 3. Penilaian potensi belajar 4. Penilaian usaha kelompok |
||
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
7 | Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami tentang - Pinjaman diterima - Akuntansi Pinjaman diterima - Akuntansi Pinjaman Bank Lain - Pinjaman Bukan Bank |
- Pinjaman diterima - Akuntansi Pinjaman diterima - Akuntansi Pinjaman Bank Lain - Pinjaman Bukan Bank |
Mahasiswa dapat menggambarkan dan menganalisa - Pinjaman diterima - Akuntansi Pinjaman diterima - Akuntansi Pinjaman Bank Lain - Pinjaman Bukan Bank |
3 x 50 menit | Penilaian dalam pembelajaran PBL dilakukan dengan cara evaluasi diri (self-assessment) dan peer-assessment. 5. Penilaian kinerja 6. Penilaian portofolio 7. Penilaian potensi belajar 8. Penilaian usaha kelompok |
||
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video |
Artefak perkuliahan Matakuliah: A30AK21-BANK ACCOUNTING PRACTICE (3 SKS), Semester: 5 C, Dosen : SOLIHIN SIDIK, SE.,MM, Hari: Rabu, 12.00 s.d 14.30, Tahun Akademik: 2021/2022, jurusan: Akuntansi D3
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Singaperbangsa Karawang